Kamis, 03 Desember 2015

Cara Kerja Google Search Engine

Sebelum kita melakukan segala upaya optimasi SEO, ada baiknya kita mengetahui Bagaimana Cara Kerja Google Search Engine dalam menyajikan hasil yang cocok dengan keyword yang diketik/dicari di mesin pencari. Dengan begitu maka kita bisa memahami optimasi apa saja yang perlu dilakukan.

Diantara banyaknya Search Engine yang ada di internet, sejauh ini Google Search Engine tetap menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan dan paling mendominasi di antara mesin pencari lainnya.
Google Home Page


Tampilannya yang sederhana ini ternyata malah memukau dan memudahkan para netters dalam mencari segala informasi yang dicari di internet.
Dalam tanggal-tanggal  tertentu, Google menyuguhkan keunikan yang kita kenal dengan nama Google Doodle, yaitu  perubahan logo Google sesuai dengan peringatan tanggal tersebut, misalnya saat tahun baru, perayaan hari besar agama dan lain-lain.


Cara Kerja Google Search Engine 
ilustrasi cara kerja software Spider

Kemudahan akses  pembuatan blog/website dari berbagai situs saat ini, berbuah pada banyaknya halaman web yang ditemukan oleh mesin pencari hanya dengan mengetikkan keyword tertentu. Lalu bagaimana Google mampu menampilkan hasil pencarian yang relevan hanya dalam beberapa detik ???! Sedangkan setiap harinya ada jutaan bahkan mungkin trilyunan website yang rasanya memang tidak mungkin bila semua itu dikerjakan oleh manusia secara manual ?!!!

Betul..., Google menggunakan sebuah perangkat lunak yang lebih dikenal dengan istilah Web Crawler atau SPIDER dan Googlebot. Adalah software yang di program untuk berjalan otomatis menjaring dan merayap ke dalam seluruh halaman web dan mengambil data-data yang sesuai dengan keyword yang dicari lalu menampilkannya di hasil pencarian berupa link menuju halaman-halaman web tersebut.

Spider akan mengekstrak data yang didapatkan dari halaman situs web dan menyimpannya untuk kemudian dikirim ke dalam modul indexing. Semua isi dari halaman web tersebut akan di pilah dari elemen kunci seperti tag judul, tag deskripsi blog, gambar dan link internalModul index itu sendiri adalah upaya mesin pencari dalam memberikan ringkasan yang merupakan inti dari halaman web yang ditelusuri oleh Googlebot untuk di simpan dalam database mereka. Semua aktivitas indexing ini akan terus berjalan di dalam web tanpa harus menunggu permintaan dari pihak pengelola web, namun ada halaman-halaman tertentu yang secara sengaja tidak diperbolehkan user atau dianggap tidak perlu untuk dirayapi Googlebot, biasanya user mengatur  setting allow dan disallow menggunakan script file robot.txt.

Dari aktivitas indexing ini, Googlebot juga akan mendeteksi  apakah web tersebut melakukan tindakan spam, adapun ciri-ciri web yang dianggap spam yaitu menyembunyikan teks, memasang keyword dengan cara curang, autoblog, parked domain dan lain sebagainya.


YANG TERJADI SAAT USER MENULIS KEYWORD DI MESIN PENCARI

Ketika seorang user melakukan pencarian dengan mengetikkan keyword di mesin pencari, query akan dipecah menjadi bahasa yang mudah dipahami oleh mesin pencari. Modul query ini akan mengekstrak ribuan data dalam index database kemudian menjalankan modul pemeringkatan, dimana peringkat tertinggi/terbaik akan berkesempatan besar untuk muncul di halaman pertama atau bahkan di baris pertama dalam hasil penelusuran mesin pencari.

Baca juga : Mendaftarkan Blog di Banyak Search Engine

Dalam  menentukan peringkat halaman web, Google akan menggunakan algoritma berbasis link untuk mengecek berapa banyak link website lain  yang mengarah ke halaman web tersebut. Pengecekan popularitas link ini memperhitungkan apakah link yang masuk adalah link dari website yang mempunyai ranking tinggi atau tidak, itulah kenapa banyak bloger yang berlomba-lomba mencari backlink berkualitas menuju website mereka

Ada lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi ranking sebuah website, konten aman berkualitas, fresh, selalu update dan original akan lebih disukai Google. Jadi, selain upaya-upaya optimasi seo yang dilakukan, konten yang berkualitas tetap akan menjadi pilihan utama Google agar blog/wesbsite anda terindex oleh Google Search Engine.

Terkait Search Engine : Cara PING Blog Agar Blog Terindex Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar