Minggu, 08 November 2015

Membuat Privacy Policy Blog


Sedikit pengertian tentang Privacy Policy adalah sebuah dokumen hukum yang menjelaskan secara rinci tentang segala jenis informasi pribadi yang di kumpulkan dan dicatat oleh pemilik Blog/Website serta bagaimana menggunakannya. Dokumen ini bertujuan memberikan penjelasan kepada pengunjung tentang aturan yang khususnya menyangkut privasi antara pengunjung dan pengelola Blog/Website.


Privacy Policy dalam sebuah Blog terbilang hal yang penting untuk dipasang, karena dokumen ini merupakan aspek pendukung untuk kelengkapan Blog/website. Saking pentingnya, Google pun tidak akan memberikan persetujuan pada Blogger yang tidak memiliki Privacy Policy mendaftarkan Blognya untuk menjadi Publisher iklan dari Google Adsense.

Privacy Policy pada tiap blog itu berbeda-beda karena isi dari tiap Blog juga berbeda tentunya, secara umum dalam dokumen Privacy Policy harus berisikan:
  • Data-data pribadi pemilik/pengelola Blog, meliputi nama, alamat atau kontak dan sebagainya
  • Informasi tentang kebijakan Blog yang harus diberitahukan kepada para pengunjung Blog seperti Cokies, IP Address dan Log Files
  • Kepatuhan akan Hukum atau aturan-aturan yang berlaku di dalam Blog, semisal Syarat Layanan dan ketentuan lainnya
  • Penutup, sebagai info tambahan yang mungkin bisa berubah sewaktu-waktu


Setelah menganalisa uraian tersebut, dapat kita simpulkan harus bagaimana kita membuat Privacy Policy. Namun dalam kenyataannya membuat Privacy Policy tidaklah semudah seperti saat kita membacanya, tapi anda tak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak situs layanan pembuatan Privacy Policy secara online dan gratis, antara lain :

Silahkan anda tentukan sendiri situs mana yang ditunjuk sebagai pembuat Privacy Policy yang akan disematkan pada Blog. Dan sebagai sedikit panduan, saya akan coba berbagi cara yang saya pakai untuk Membuat Privacy Policy Blog via www.privacypolicyonline.com.

PENTING !!!
Sebaiknya Anda sudah memiliki Formulir Kontak jika belum, mungkin artikel Cara Membuat Contact Form bisa sedikit membantu.



Membuat Privacy Policy untuk Blogspot

  1. Kunjungi Websitenya  www.privacypolicyonline.com 
  2. Isikan data yang sesuai dan klik Generate Policy seperti contoh di bawah 
  3. Setelah klik Generate Policy kita di arahkan ke Tab baru yang berisi dokumen Privacy Policy yang akan kita Copy dan kita pasang dalam blog 
  4. Buat Laman baru sebagai  tempat dimana kita akan menaruh dokumen Privacy Policy 
  5. Letakkan teks yang kita dapat dari generator www.privacypolicyonline.com klik Publish, selesai. 

Sekarang anda sudah mempunyai Privacy Policy, letakkan Laman di dalam Menu Navigasi dengan cara ini

Jika konten Blog anda berisi bahasa Indonesia, maka sebelum di Publish sebaiknya Privacy Policy-nya juga berbahasa Indonesia, silahkan anda rubah menjadi bahasa Indonesia menggunakan Google Translate.

Agar Blog terlihat lebih lengkap lagi, sebaiknya kita juga  memasang halaman Disclaimer dan TOS (Terms of Service) dengan cara dan situs yang sama seperti tutorial di atas.

Semoga artikel ini berguna bagi anda yang sedang ingin membuat Privacy Policy, terima kasih. 

Artikel terkait : Membuat Navigasi Menu Dalam 5 Langkah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar