Kamis, 12 November 2015

Bingung Memilih Niche Blog ???!

Banyak para bloger pemula yang bingung menentukan niche pada blog yang baru dibuat, apa yang akan dibahas dalam blog atau topik apa yang dijadikan sebagai konten blog. Bila ternyata anda juga mengalaminya, maka artikel ini perlu anda baca, semoga di akhir alinea anda akan mendapatkan inspirasi untuk menentukan topik/tema yang cocok untuk blog anda. 

Sebaiknya, pilihlah topik yang sekiranya bisa anda bahas secara continue, agar bisa selalu update sesering mungkin. Tips-tips berikut bisa menjadi acuan untuk menentukan topik yang anda pilih : 

1.Topik yang dikuasai (ahli) 


Tuangkan keahlian yang anda miliki ke dalam bentuk tulisan. Sebagai contoh : Jika anda ahli menggambar, maka topik tutorial menggambar bisa jadi topik yang cocok untuk anda bahas. Karena anda ahli menggambar berarti anda mengerti penuh atas materi yang akan anda tulis dan publikasikan kepada publik, anda juga dapat menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin akan anda temui di dalam blog nantinya. 

2.Topik yang disukai (hobi) 


Sharing hobi anda menjadi konten blog. Misalnya anda menyukai bunga, maka anda bisa mengisi topik blog dengan hal-hal yang berisi tentang macam-macam bunga, car menanam bunga, atau manfaat bunga. Dengan menyukai topik tersebut, tentu anda tidak akan bosan untuk membahasnya secara continue. 

3.Topik yang sedang ramai (hot trend) 


Sesuatu yang sedang ngetrend (ramai dibicarakan) akan selalu menarik untuk di bahas. Seperti halnya berita dan teknologi adalah hal yang tak pernah habis dan akan selalu ada yang baru mengikuti perkembangan zaman. 

4.Topik yang ingin dikuasai (belajar) 


Mempelajari suatu hal yang belum dikuasai dengan cara mecari ilmu ke berbagai sumber lalu mempraktekannya. Catat/rekam semua hasil pembelajarannya untuk kemudian dipublikasikan dalam blog. 



Sampai disini, setidaknya anda sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang topik yang anda pilih sebagai konten blog. Sebagai bahan referensi, mungkin beberapa list topik blog di bawah ini akan sedikit membantu anda menentukan niche blog. 

Pilihlah topik sesuai kemauan, kemampuan dan kepribadian anda sendiri tentunya..... 

AGAMA 
Idealnya..., semua manusia terlahir beragama, dengan begitu tentunya topik seperti ini berpotensi besar memiliki banyak pengunjung.






BERITA 
Kita sebagai manusia selalu haus akan info, entah itu berita entertainment, politik, ekonomi ataupun pendidikan.






SENI 
Tak terbatas..., itulah yang bisa diungkapkan tentang topik ini, sebuah nilai yang tak terdefinisi.







MUSIK 
Seperti apa yang dikatakan oleh para musisi "DUNIA TERASA HAMPA TANPA MUSIK" maka jadikanlah musik sebagai duniamu.







GAME 
Topik yang satu ini selalu menjadi perhatian di kalangan remaja yang pada umumnya banyak mengisi waktu luang dengan bermain game. 






VIDEO/FILM 
Topik ini banyak dicari netter setiap harinya, terbukti dari kesohoran situs video seperti youtube.








FASHION 
Dunia mode bukanlah topik yang gampang namun eksistensinya selalu bisa di andalkan. 











BISNIS 
Topik yang bisa terkait dengan semua topik yang ada. 










KULINER 
Referensi tempat kuliner atau artikel tentang bumbu masakan, biasanya mudah untuk mendapatkan subscribe/langganan, toh kita sebagai makhluk hidup butuh makan. 







KESEHATAN 
Berbagai tips-tips yang selalu dicari, siapa sih yang nggak pengen sehat. 









OLAHRAGA 
Topik ini bisa beraneka ragam tinggal bagaimana anda mengolahnya. 








TRAVELING 
Untuk anda yang hobi bepergian atau sering tugas ke luar kota, topik ini bisa jadi topik yang cocok. 








OTOMOTIF 
Topik ini (konon) sangat cocok untuk di monetisasi, karena memang topik ini bisa jadi tempat berkumpulnya orang-orang yang loyal. 







TEKNOLOGI 
Seperti halnya topik berita, topik ini pun tak pernah ada habisnya mengikuti perkembangan zaman, akan selalu ada hal baru dalam jangka waktu tertentu.







SAINS 
Topik yang lebih banyak mengarah ke tema pendidikan dan ilmu pengetahuan. 











DOWNLOAD 
Banyaknya pengguna komputer dan gadget sekarang ini, pasti banyak juga software atau aplikasi yang dibutuhkan atau di download. 


BLOGING 
Topik dari segala topik untuk membangun sebuah blog/website.






SEO 
Hampir sama dengan topik bloging namun lebih mengarah ke cara-cara atau upaya untuk optimasi blog. 











JUAL BELI 
Topik yang sangat cocok bagi anda yang memiliki produk atau ahli berniaga/dagang. 







SEKS 
Topik dengan traffic tertinggi namun sangat riskan untuk di bahas. 







JUDI ONLINE 
Di dunia nyata maupun dunia maya topik ini adalah ILEGAL !!! 
Jadi... sebaiknya nggak usah di bahas laaah 







Dan masih banyak yang lainnya...
capek juga ngetiknya..., ampe ngantuk


Jika ada yang masih bingung juga ???! sebagai referensi terakhir yaitu topik gado-gado atau campuran. Bahas semua hal yang anda tahu atau yang ingin anda ketahui, bisa dari kehidupan sehari-hari ataupun yang lainnya, tinggal pisahkan saja sesuai label/kategori. Seiring berjalannya waktu nantinya anda akan segera mengerti topik mana yang paling anda sukai dan kuasai, gali potensi yang ada dalam diri dan temukan banyaknya inspirasi dalam imajinasi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar